0
Home  ›  Software  ›  Tutorial

Tutorial Cara Mengekstrak Atau Membuka File Bin Di Komputer 100% BERHASIL !!!

File bin adalah sebuah format arsip file seperti halnya WinRAR atau 7zip, bedanya adalah file dengan format bin tidak memiliki software compessing utama sehingga penciptanya tidak membuat software pembuka alias pencipta file bin ini hanya membuat format tersebut tanpa membuat software ekstraktor/kompresor seperti halnya WinRAR atau 7Zip, kedua software tersebut menggunakan software dari pihak mereka dan merekalah yang menjadi pembuat format tersebut namun file bin tidak demikian karena file dengan format bin seakan-akan merupakan format yang universal yang "sudah ada" padahal sebenarnya tidak.


Nah disini aku akan memberitahumu bagaimana cara mengekstrak file dengan format bin yang satu ini, sebenarnya ada 2 cara, cara yang pertama yaitu kamu bisa membukanya langsung menggunakan Vitrual Disc atau software yang mungkin sudah sering kamu dengar seperti Nero/Daemon Tools/Ultra Iso/Ashampoo Burning Studio atau Power ISO, dimana hal ini sama seperti WinRAR, kamu menginstall software virtual disc tersebut kemudian kamu bisa membuka file dengan mudah.
 
Dan cara yang kedua adalah dengan membukanya menggunakan program yang sudah aku modifikasi, jika tahap pertama yaitu menginstall virtual disc tidak bisa alias tidak bisa membuka file bin, maka kamu bisa menggunakan cara yang kedua ini, nah bagaimana tutorialnya? langsung saja ikuti tutorial kali ini.

Tutorial:

  1. Pertama-tama, pastikan kamu sudah memiliki file dengan format ".bin" (tanpa tanda petik dua ya guys), contoh sederhananya seperti ini "data.bin".
  2. Kemudian pastikan kamu juga mengganti nama file bin kamu menjadi "fileku" seperti pada gambar di bawah ini.



  3. Jika sudah, buatlah sebuah folder kosong, jika sudah, letakkan file-file dengan format bin tersebut di folder kosong tersebut.




  4. Nah setelah itu, kamu bisa mendownload file yang akan aku bagikan, ukurannya tidak besar, click disini untuk mendownloadnya.
  5. Setelah itu, jika sudah, ekstrak file-file tersebut terlebih dahulu karena aku membungkusnya dengan WinRAR.



  6. Jika sudah, pindahkan file yang sudah diekstrak ke dalam folder kosong tempat kamu menyimpan file dengan format bin.



  7. Jika sudah, jalankan program "BIN EXTRACTOR" yang sudah kamu masukkan ke dalam folder tersebut.
  8. Sekarang pada halaman utama Bin Extractor click tombol "Next".



  9. Setelah itu pada halaman kedua pada file bin, disini kamu akan melihat kotak kolom panjang yang berisi folder yang akan menjadi hasil ekstrak file bin.
  10. Kamu bisa memindahkan hasil ekstraksi file bin tersebut kemana saja dengan cara click tombol 3 titik yang ada di sampingnya.



  11. Sekarang pindahkan saja ke "C:\Desktop\DATA" agar lebih mudah mencarinya nanti.
  12. Nah setelah itu di sini click tombol "OK".




  13. Kemudian click tombol "Extract".



  14. Disini akan muncul kotak kolom progressbar, nah disini tunggu sampai proses ekstraksi selesai.




  15. Jika sudah, sekarang coba kamu lihat langsung apa saja yang ada di dalam bin file yang kamu miliki.
  16. Jika sudah maka selamat menikmati.

Mungkin hanya itu yang aku ketahui tentang cara membuka file bin, sebenarnya hanya di dua tempat itu saja yang bisa dibuat dan jika tidak di perangkat lunak kompres maka mungkin di perangkat lunak ISO virtual. 
Posting Komentar
Additional JS