Tutorial Cara Mengaitkan Domain NameSilo Ke Blogger Atau Blogspot Dengan Mudah

NameSilo merupakan sebuah website yang menyediakan layanan hosting dan domain berbayar, bagi kamu yang menggunakan NameSilo tentunya website ini menyediakan berbagai macam fitur yang bisa dan dapat kamu gunakan tentunya dalam mengeksplor website yang kamu kembangkan.


Seperti domain, hosting ataupun penjualan SSL, nah mungkin banyak dari kamu yang mungkin belum mengerti bagaimana cara menautkan domain yang sudah dibeli di NameSilo ke Blogger, nah pada kesempatan kali ini, aku akan membahas cara menautkan atau mengaitkan domain namesilo ke blogger, nah bagaimanakah tutorialnya? langsung saja ikuti tutorialnya kali ini :

Tutorial :

  1. Pada langkah pertama pastikan kamu telah membeli domain pada NameSilo, jika belum maka belilah domainnya terlebih dahulu.
  2. Nah setelah itu maka sekarang pada halaman NameSilo tepatnya ketika kamu sudah sukses login dengan akunmu, click menu "DNS Manager" tersebut.



  3. Nah disini kamu akan dibawa ke halaman pengaturan Domainnya.
  4. Disini click sekali kotak centang pada domain yang telah kamu beli tersebut.



  5. Jika sudah maka click menu "Change Nameservers" tersebut.


  6. Nah disini pastikan NameServernya sesuai dengan nameserver yang ada pada gambar dibawah ini.



  7. Jika sudah maka scroll kebawa lalu click tombol "Submit".



  8. Nah jika sudah maka close halaman tersebut, nah disini kembali ke halaman pengeditan domain, disini click symbol bola dunia berwarna biru tersebut.



  9. Nah jika sudah maka kamu akan dibawa ke halaman DNS management, nah sebelum kamu mengotak-atik mode DNS management ini, terlebih dahulu kamu harus pergi ke blogger milikmu.
  10. Nah disini pergilah ke menu "Setelan"  atau settings pada blogger milikmu, nah jika sudah maka scroll kebawah hingga kamu melihat menu Custom Domain, nah click tulisan Custom Domain tersebut.




  11. Nah disini masukan nama domain yang sudah kamu beli tersebut, hanya saja diawal tambahkan "www" seperti pada gambar dibawah ini.


  12. Nah jika sudah maka harusnya akan ada pesan Error seperti pada gambar dibawah ini.
  13. Nah disini lihatlah baik-baik code hostname dan addressnya, pastikan kamu menulisnya pada notepad, pastikan kamu hanya mengetik/mengkopas hurufnya saja ya guys, tidak termasuk symbol tanda kurungnya.


  14. Nah jika sudah maka jangan dikeluarkan pesan error tersebut, biarkan seperti itu (INGAT! JANGAN DIKELUARKAN PESAN ERROR TERSEBUT!) sekarang pergilah ke menu DNS management yang sudah kamu buka tadi.
  15. Disini pastikan kamu sudah menambahkan seluruh code dibawah ini kecuali kotak kolom hostname & Address kosong tersebut. 



  16. Untuk membuat TYPEnya apakah itu A atau CNAME, click yang aku tandai tersebut.



  17. Nah kotak kolom hostname & Address tersebut memang sengaja aku sensor karena berisi code hostname & Address milikku yang sangat bersifat privacy.
  18. Nah sekarang untuk memasukan hostname & Address, maka pilih "CNAME" tersebut, lalu  masukan code hostname dan code address  yang telah kamu dapatkan pada pesan error tadi pada kotak kolom masing-masing sesuai petunjuk (tidak boleh salah ya guys), ingat sesuai seperti yang aku tunjukan itu ya dan jika sudah maka click tombol "Submit" untuk menginput DNS yang sudah kamu masukan tersebut.
  19. Nah jika sudah mengikutinya dengan benar maka close DNS Manager tersebut.
  20. Jika sudah maka tunggu 1x24 masa propagasi, minimal masa propagasi membutuhkan waktu sekitar 2/3 Jam.
  21. Nah jika sudah maka click tombol "Simpan" pesan error yang muncul pada saat memasukan domain custom tersebut, harusnya bisa tersimpan.
  22. Nah jika sudah maka hidupkan opsi "Alihkan Domain" dan hidupkan "Pengalihan HTTPS", pada settingan blog milikmu. 

Nah mungkin segitu saja tutorial dari aku, sebenarnya caranya cukup simpel, nah bagi kamu yang sudah menerapkan cara diatas, kamu hanya menunggu propagasi 1x24 jam, jadi pada menu bloggernya, jangan keluarkan menu error tersebut, nanti kamu akan bisa menyimpannya setelah masa propagasi berjalan lancar.

Posting Komentar