3 Cara Mengatasi Masalah Ponsel Terkunci atau Lupa Pin 100% BERHASIL !!

Apakah ponsel kamu terkunci dengan cloud atau pin kunci? dan kamu lupa kata sandi atau pin pada ponsel kamu? saya yakin dunia berputar begitu cepat saat kamu melupakannya, bukan?

Tentu saja, smartphone yang seharusnya bisa digunakan sebagai daily driver selama smartphone tersebut masih berfungsi tapi tiba-tiba kamu bahkan tidak bisa mengingat pin atau email/password dari cloud.

Source : freepik.com

Nah mungkin bisa jadi kurangnya persiapan backup yang dilakukan, hal tersebut bisa saja terjadi jika Anda memiliki penyakit pikun, Anda berpikir bahwa Anda pasti akan mengingatnya namun sayangnya Anda tidak mengingat informasi penting tersebut sama sekali.

Nah mungkin pada kesempatan kali ini saya akan memberikan 3 cara mengatasi smartphone atau hape yang terkunci seperti terkunci awan atau lupa pin, nah apa saja cara-cara tersebut? yuk kita bahas bersama di bawah ini:

1. Ganti Chip EMMC & Ufs Hape


Bagi kalian yang belum tahu, EMMC & Ufs adalah sebuah chip atau komponen penyimpanan internal, dimana dengan adanya komponen ini penyimpanan internal bisa ada, bisa dikatakan EMMC & Ufs sebenarnya adalah chip penyimpanan layaknya flashdisk atau harddisk atau kartu memori eksternal, namun karena EMMC & Ufs ini terpasang pada mainboard maka chip ini tidak termasuk penyimpanan eksternal.

Nah fungsi EMMC & Ufs ini sama seperti memory card, hardisk dan flashdisk yang banyak bertebaran di toko-toko komputer atau toko-toko smartphone/ponsel, dimana fungsinya adalah untuk menyimpan segala macam file di dalamnya.

Nah semua file-file penting yang Anda miliki akan tersimpan di EMMC ini termasuk informasi password dan pin yang sudah tersimpan, nah cara mengatasinya adalah dengan mengganti EMMC & Ufs yang Anda miliki dengan EMM & Ufs yang baru, asalkan sesuai dengan merk/tipe/model EMMC & Ufs yang lama.

2. Menggunakan Aplikasi FRP Tools & Unlocker


Aplikasi atau yang biasa kita sebut software dalam dunia komputer ini bisa digunakan untuk membuka kunci atau membuka smartphone/ponsel Anda, sekarang ada beberapa aplikasi yang mampu menghapus semua data termasuk cloud dari smartphone/ponsel Anda, salah satunya adalah dengan menggunakan software FRP Tools & Pin Unlocker.

Nah software ini berfungsi untuk menghapus semua data termasuk data dari hape itu sendiri sehingga smartphone/hape seakan-akan di restart ulang dengan bersih tanpa ada noda sedikitpun (istilahnya).

3. Menggunakan Metode Turun Mesin (Mengganti mainboard lama dengan yang baru)


Down mesin disini adalah tindakan yang dilakukan oleh tukang servis untuk mengganti mesin lama dengan mesin yang baru, nah ketika smartphone mengalami kerusakan dan terkunci cloud atau pin, maka satu-satunya cara yang akan dilakukan oleh tukang servis smartphone adalah dengan mengganti mesin yang baru, karena jika kedua cara diatas tidak bisa digunakan maka cara ini adalah satu-satunya cara untuk mengakali cloud & pin yang terkunci.

Nah, tidak semua smartphone bisa melakukan cara ini, karena pada dasarnya hanya smartphone dengan tipe yang murah saja yang akan mereka (tukang servis) ganti, karena kemungkinan besar mereka akan malas membuka kunci jika tidak memiliki software FRP Tools atau mengganti EMMC & Ufs jika komponen EMMC & Ufs untuk seri smartphone tersebut tidak ada alias langka.

Apakah Bisa Menghapus Password/Pin Yang Tersimpan Saja? 


Tidak bisa, karena sistemnya sudah terbentuk seperti itu, dimana jika Anda ingin menghapus password atau pin, tentu Anda harus menghapus semua konten data yang ada di dalamnya, kecuali jika developer smartphone tersebut memang sudah mengatur untuk membuat sistem penghapusan password atau pin pada storage tertentu saja.

Sebenarnya 3 cara diatas bisa Anda terapkan pada smartphone Anda yang mengalami masalah cloud lock atau lupa pin namun efeknya adalah semua data yang ada di penyimpanan internal akan terhapus secara otomatis.

Mengapa ketika saya mengganti EMMC di iOS tidak bisa dibuka?


Nah untuk iOS ini sangat unik dari android, EMMC pada produk apple adalah nand flash jadi memang nad flash ini sama dengan EMMC & Ufs.

Nah disinilah keunikannya dimana nand flash walaupun sudah diganti tidak akan bisa membuka cloud yang terkunci di smartphone, itu karena sistem operasi dari iOS bersifat closed source apalagi sistem keamanan iOS bisa dikatakan yang paling aman sejauh ini.

Jadi untuk membuka cloud dari iPhone tidak mungkin dilakukan, kecuali jika Anda memiliki iPhone dengan merek yang sama, tidak terkunci iCloud dan sudah terdaftar iBox, maka Anda bisa memindahkannya ke iPhone dengan merek yang sama, jadi seolah-olah Anda hanya mengganti cangkang iPhone saja, tetapi kenyataannya memang seperti itu.

Nah saya harap kalian bisa memahami 3 cara mengatasi masalah ponsel terkunci cloud atau lupa pin ini, jadi ketika kalian lupa pin atau cloud dan menggunakan salah satu dari ketiga pilihan di atas, maka kalian harus siap-siap kehilangan file data yang kalian miliki karena pada dasarnya baik mereset ke pengaturan pabrik atau mengganti EMMC dapat menghapus semua data yang ada di EMMC dalam hal ini penyimpanan internal itu sendiri.

Posting Komentar