Tutorial Cara Membuat Shortcut Atau Pintasan Folder Data Yang Ingin Dituju Pada Desktop

Jika kamu selalu melakukan multitasking dan memang kamu seringkali pergi ke drive yang kamu miliki untuk mencari beberapa files, tentu saja kamu memerlukan sebuah pintasan atau shortcut pada desktop, sehingga kamu bisa dengan mudah pergi ke folder yang bersangkutan didalam drive tanpa harus pergi ke "My Computer" terlebih dahulu untuk membukanya.


Nah pada tahap tutorial kali ini memang agak sedikit mudah sekali, karena disini aku akan megajarkan kamu bagaimana cara membuat sebuah pintasan folder data yang ingin dituju pada desktop, nah bagaimanakah tutorialnya ? langsung saja tanpa berlama-lama kita bahas dibawah ini :

Tutorial:

  1. Pada langkah pertama ini, pastikan kamu berada pada folder dimana kamu sering akses tersebut, misalnya kamu sering mengakses folder "Data Dokumen" yang kamu buat lalu folder tersebut berisi ribuan files dokumen yang sudah kamu simpan disana selama bertahun-tahun pada drive D.
  2. Nah jika sudah maka click kanan folder "Data Dokumen" tersebut lalu pilih "Create Shortcut" atau "Buat Pintasan".
  3. Disini harusnya akan terbuat sebuah shortcut atau pintasan, ciri-ciri folder shortcut atau pintasan ialah, kamu akan melihat ada sebuah tanda berbentuk anak panah kecil pada folder tersebut, nah itulah menjadi ciri atau pertanda bahwa folder tersebut merupakan pintasan atau shortcut.
  4. Nah pindahkan pintasan ini ke Desktop, sehingga ketika kamu ingin mengakses folder data dokumen ini, kamu hanya tinggal mengeclick shortcut folder yang telah kamu buat pada desktop saja.

Nah sekarang kamu bisa dengan mudah mengaksesnya secara langsung, lalu apakah folder-folder lain bisa diaplikasikan seperti ini juga ? ya tentu bisa, folder drive C: pun bisa kamu buat pintasannya pada desktop, asalkan kamu tidak memindahkan tempat folder asli yang ada pada drive tersebut ke folder lain atau drive lain, jika seperti itu nanti ditakutkan folder shortcut yang telah kamu buat akan keilangan jejak akses ke folder aslinya karena folder pintasan ini dibuat berdasarkan letak dimana folder asli pertama kali berada.

Posting Komentar