Tutorial Cara Melihat Versi Bit atau Architecture Pada Laptop atau Komputer

Mungkin sebagian dari kamu tidak begitu mengetahui versi bit dari sistem laptop/komputer yang kamu gunakan, terutama orang awam yang kurang mengerti tentang laptop/komputer.

Sebenarnya mengetahui versi bit pada laptop/komputer itu sangat penting karena ketika kita ingin mendownload sebuah software yang berguna untuk kebutuhan kita, kita ingin software/aplikasi tersebut mengetahui versi bit dari sistem laptop/komputer yang kamu gunakan, apalagi orang awam, mengetahui versi bit pada sistem laptop/komputer yang kita gunakan itu sangat penting, apalagi berbagai macam software di luar sana ada yang versi x86 dan x64.

Disini kamu tidak bisa begitu saja menggunakan versi x86 padahal sistem laptop/komputer kamu bertipe x64 atau 64bit, hal tersebut menyalahi aturan karena ketika kamu mencoba menggunakannya, beberapa fitur baik di software tersebut atau di sistem Windows itu sendiri tidak didukung, sehingga mau tidak mau kamu harus mendownload versi yang sesuai dengan bit di laptop/komputer kamu.


Karena itulah beberapa perusahaan software besar maupun kecil akan membuat 2 versi (x64 dan x86), karena 2 versi ini menyesuaikan sistem pada laptop/komputer tersebut. dengan 2 versi, karena 2 versi ini menyesuaikan sistem laptop/komputer yang ada saat ini.

Lalu bagaimana cara melihat versi bit atau arsitektur pada laptop atau komputer ini ? nah caranya sangat mudah sekali, kamu bisa langsung mengikuti tutorial yang sudah aku sediakan di bawah ini :

Tutorial :

  1. Di sini, tekan tombol dengan logo windows di dekat tombol "CTRL". (jika di laptop tepat di sebelah tombol fn) + R secara bersamaan.
  2. Sekarang kotak tabel "Run" akan muncul di sudut kiri bawah.
  3. Di sini ketik "DxDiag" tanpa tanda petik, tepat di kotak teks putih. 
  4. Kemudian tekan tombol "Enter" pada keyboard.
  5. Sekarang tunggu beberapa menit. sedikit lebih lama.
  6. Maka biasanya akan muncul kotak tabel notifikasi, disini klik tombol "OK" atau tombol "Yes" jika misalnya kotak tabel notifikasi ini muncul.
  7. Setelah itu akan terbuka tabel informasi sistem dari laptop/komputer kamu.
  8. Kemudian lihat tulisan versi yang ada di "Operating System". tepat di kalimat terakhir akan ada angka 64-bit atau 86/32-bit.

Well actually the method is quite simple, specifically to see the bit version has indeed been provided by Microsoft itself, so you just have to follow the tutorial above that i have provided then you will be able to find out.

Posting Komentar