Tutorial Cara Membuat Installer Repack Setup Game Dengan Fitur Insert To Disk 1/2/3 Dan Seterusnya

Setup Installer merupakan sebuah program yang dirancang khusus untuk membuat proses instalasi berjalan lebih baik, contohnya jika kamu memiliki data game yang dimasukkan ke dalam DVD, tentu kamu tidak bisa langsung memindahkannya ke lapotp/komputer seperti harddisk bukan ?

Mengapa? karena proses pembacaan file (read dan write) pada disket DVD tidak bisa menyamai kecepatan proses harddisk itu sendiri dalam membaca dan menulis sebuah file.


Sebagai contoh jika kamu sedang melakukan burning DVD, pasti akan memakan waktu yang cukup lama nah ketika kamu ingin mengcopy file-file yang ada di dalam DVD secara manual tentunya lebih lama lagi, itu karena DVD tersusun dari sebuah disk yang sudah dibuat sedemikian rupa tanpa bisa menghapus file-file yang ada di dalamnya jika sudah di burn.

Oke, aku sudah memodifikasi aplikasi ini, jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi jika ingin memasukkan data apa saja, kamu bisa mengikuti tutorial cara pengaturannya di bawah ini, jadi tanpa basa-basi lagi mari kita bahas bersama :

1. Cara Membuat Setup Installer

  1. Pada langkah pertama ini, pastikan kamu sudah mengunduh bahan-bahan di bawah ini :
  2. Di sini simpan file "Putuokane Installer Repack Setup" di desktop karena di sini kita akan memodifikasi beberapa file di dalamnya.
  3. Setelah itu, ekstrak file "Inno Setup" yang sudah kamu pindahkan dengan cara click kanan file tersebut lalu pilih "Extract Here".
  4. Sekarang kembali ke file "Putuokane Installer Repack Setup" di desktop, ekstrak file tersebut dengan cara yang sama dengan mengeclick kanan file tersebut kemudian pilih "Extract Here".
  5. Sekarang masuk ke folder "Putuokane Installer Repack Setup" yang telah berhasil kamu ekstrak.
  6. Setelah itu, di dalam folder tersebut kamu akan melihat 1 file dengan nama "Windowsphone.iss".
  7. Click kanan file tersebut dan pilih "Open With..."



  8. disini klik pada tulisan "More Apps..."
  9. Jangan lupa untuk mencentang kotak "Always use this files to open .iss files".


  10. Setelah itu scroll kebawah hingga mentok.



  11. Nah harusnya kamu akan lihat tulisan "Look for another app on this pc", click tulisan tersebut.


  12. Disini tunggu beberapa menit maka akan muncul sebuah kotak tabel pencarian, disini carilah folder "Inno Setup" yang telah kamu pindahkan dan telah kamu ekstrak tadi lewat kotak tabel pencarian ini, nah jika sudah ketemu maka bukalah folder tersebut.


  13. Nah disini akan ada files "Compil32", click sekali agar terblock berwarna biru lalu click tombol "Open".


  14. Sekarang file "Windowsphone.iss" seharusnya dapat dibuka tanpa harus menekan click kanan dan harus memilih "Open With" lagi, jadi kamu bisa langsung mengeclick files windowsphone tersebut maka programnya akan langsung terbuka tanpa harus mempertanyakan program untuk membuka files windowsphone kembali.

2. Cara Mengedit Setup Installer


Proses mengedit setup installer ini bisa dilakukan pada game yang akan kamu masukkan dalam program setup, jika kamu ingin menjual game GTA V misalnya, tentu kamu harus mengubah setup installer sehingga menjadi installer game yang asli, dengan cara menambahkan wallpaper gta v, mengubah musik yang ada di dalam installer, memberikan backsound khas gta v, mengubah informasi yang ada di dalamnya, seperti nama game, siapa penjualnya, di mana alamat penjual game tersebut, kemudian pengaturan/setting shortcut, nah di bawah ini aku akan memberikan beberapa hal yang aku ketahui, jadi tentunya kamu bisa langsung mengaplikasikan itu semua.

Nah di bawah ini aku telah merangkum sedikit tutorial sederhana tentang bagaimana cara melakukan perubahan tersebut, jadi simak baik-baik agar kamu paham.

Oh iya aku lupa ada yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu, jika di dalam folder "Putuokane Installer Repack Setup" setidaknya ada 3 folder dan 2 file yang terlihat, 2 file tersebut adalah file "Windowsphone.iss" dan file "Archives. ini" (file archives adalah file notepad yang nantinya bisa kamu ubah jika kamu sudah memiliki file data gamenya, nanti aku memberitahukan cara mengeditnya), kemudian ada folder Graphics dimana folder ini adalah folder yang menyimpan gambar wallpaper dengan icon installer setup, kamu bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan kamu, kemudian ada folder Output dimana folder ini merupakan folder hasil akhir atau folder produk jadi yang sudah kamu buat nantinya, jika kamu ingin melihat hasilnya maka ada di folder "Output", lalu ada folder "Resources", nah folder ini berisikan file-file pendukung untuk membongkar file-file data yang akan kita kemas ulang nantinya, nah jadi langsung saja ya tanpa basa-basi lagi.


A. Changing the Splash Screen

Nah jika kamu sudah mencoba menjalankan file setup yang ada di folder "Setup", di awal program, kamu akan melihat simbol dengan logo firewatch berwarna kuning, nah itu sebenarnya adalah splash screen, kamu bisa mengganti splash screen ini dengan gambar atau logo yang kamu miliki.

Cara menggantinya juga sederhana, kamu tinggal mencari splash screen dengan ukuran logo 1280 (width/lebar) x 720 (height/tinggi), dan gambar harus berformat PNG, jika kamu memiliki logo namun formatnya JPG/JPEG atau bitmap maka tidak akan bisa digunakan karena memang sudah di setting di sistem harus menggunakan PNG saja.

Setelah itu, buka folder "Resources", (btw ingat, folder resources, output, dan grafis tidak bisa dipindahkan, harus tetap di folder Putuokane Repack Setup Installer tersebut, dalam artian kamu harus menjaga seluruh folder dan files didalamnya, jangan sampai terpecah/terpisah maupun hilang).


  1. Disini pastekan files "splash" yang kamu miliki. 


  2. Jika misalnya ada notifikasi bahwa sudah ada file splash didalam folder tersebut, kamu hanya tinggal menimpanya saja dengan file splash yang kamu miliki, biasanya pada saat kamu pastekannya pada folder resource, akan muncul kotak tabel pemberitahuan seperti dibawah ini, pilih "Replace the file in the destination" atau jika pada Windows 7 biasanya tinggal klik tombol "yes to all".



  3. Nah jika sudah kamu pastekan, sekarang bukalah files "Windowsphone.iss" .
  4. Di sini jika kamu telah membuka halaman WindowsPhonenya seperti pada gambar dibawah ini, click tombol disket yang aku tandai tersebut untuk menyimpan projectnya.


  5. Jika tombol disket tersebut tidak bisa diclick alias berwarna abu-abu, maka tambahkan saja 1 huruf acak pada tulisan hijau yang aku tandai, maka tombol disket tersebut bisa diclick.




  6. Setelah itu, click menu "Build" lalu pilih "Compile".



  7. Maka disini tunggu hingga proses kompilasi seluruh files yang telah di edit tadi tergabung menjadi satu files setup.


  8. Jika sudah selesai, maka sekarang kamu bisa mengetes dengan menjalankan program tersebut pada folder "Output", ketika kamu menjalankannya, maka splash screen yang muncul adalah logo yang kamu masukkan.

B. Mengubah Wallpaper


  1. Now when you have run the "setup" program, it should be right in the installer program you will see the wallpaper that I used, namely the Firewatch wallpaper, now to change the wallpaper easily, you only need an image file in PNG format with a width of 1280 (width / width) x720 (height / height) then change the name of the wallpaper file that you have to"Setup1".
  2. If you have done everything that I explained, now you just need to move your setup1 wallpaper to the "Grapics -> Images" folder.





  3. Then right-click on the "Images" folder and select "Paste".



  4. For example if a notification appears which informs that there is already an image with the name Setup1 in the folder when you paste it in the Images folder, a table box will appear as below, select "Replace the file in the destination" or if in Windows 7 usually just click the "Yes to all" button.
  5. Nah jika sudah kamu pastekan, sekarang bukalah files "Windowsphone.iss" .



  6. Di sini jika kamu telah membuka halaman WindowsPhonenya seperti pada gambar dibawah ini, click tombol disket yang aku tandai tersebut untuk menyimpan projectnya.



  7. Jika tombol disket tersebut tidak bisa diclick alias berwarna abu-abu, maka tambahkan saja 1 huruf acak pada tulisan hijau yang aku tandai, maka tombol disket tersebut bisa diclick.



  8. Setelah itu, click menu "Build" lalu pilih "Compile".



  9. Maka disini tunggu hingga proses kompilasi seluruh files yang telah di edit tadi tergabung menjadi satu files setup.



  10. Jika sudah selesai, sekarang kamu tinggal mengetes aplikasi tersebut langsung di folder "Output", ingat baik-baik ya, hasil akhirnya akan tersimpan di folder "Output", contohnya jika wallpaper pada program tersebut sudah diganti, berarti prosesnya sudah berjalan dengan sukses.

C. Mengubah Informasi Dasar Pada Setup Installer



  1. Informasi dasar disini berkaitan dengan nama game, siapa publishernya, kemudian siapa pemilik installernya, website penjual DVD/CD game tersebut, tentunya harus sangat-sangat detail dan jelas, hal itu dikarenakan jika kamu ingin menjual kaset dvd game tidak bisa sembarangan dalam memberikan informasi di dalamnya, karena installer ini juga akan tercetak di daftar uninstall Windows, jadi kamu akan melihat beberapa informasi penting seperti versi aplikasi tersebut.
  2. Nah untuk info lebih lanjut kamu bisa membuka file "Windowsphone.iss", nah disini kamu hanya perlu scroll ke bawah sedikit dan kamu akan melihat kotak tabel berwarna biru yang aku tandai, kamu bisa mengganti informasinya sesuai dengan informasi game yang akan kamu masukkan dan tentu saja harus valid.



  3. Jika kamu sudah mengubah beberapa data informasinya, click tombol disket yang aku tandai tersebut untuk menyimpan projectnya.


  4. Jika tombol disket tersebut tidak bisa diclick alias berwarna abu-abu, maka tambahkan saja 1 huruf acak pada tulisan hijau yang aku tandai, maka tombol disket tersebut bisa diclick.




  5. Setelah itu, click menu "Build" lalu pilih "Compile".




  6. Maka disini tunggu hingga proses kompilasi seluruh files yang telah di edit tadi tergabung menjadi satu files setup.



  7. Setelah selesai, seperti biasa, kamu dapat melihat hasilnya terlebih dahulu pada folder "Output" lalu jalankan files "Setup" hasil compile tersebut, jika ada yang kurang, tinggal edit lagi pada windowsphone.iss.

D. Mengubah Warna Background Pada Setup Installer



  1. Nah pada langkah kali ini aku akan memberitahukan kepada kamu bagaimana cara merubah warna backgorund dari installer ini, nah kamu bisa memperhatikan cara di bawah ini, kamu hanya perlu membuka file "Windowsphone.iss" terlebih dahulu untuk merubahnya, nah di sini carilah tulisan warna = 13 seperti pada gambar yang aku tandai di bawah ini.



  2. then replace the number 13 with a number that matches the color number you want, down below are some color numbers that you can use, you can choose it, each number already contains a representative of the color, so don't bother, you can choose it according to your wishes.


  3. jika sudah maka disini click tombol disket yang aku tandai tersebut untuk menyimpan projectnya.


  4. Jika tombol disket tersebut tidak bisa diclick alias berwarna abu-abu, maka tambahkan saja 1 huruf acak pada tulisan hijau yang aku tandai, maka tombol disket tersebut bisa diclick.




  5. Setelah itu, click menu "Build" lalu pilih "Compile".




  6. Maka disini tunggu hingga proses kompilasi seluruh files yang telah di edit tadi tergabung menjadi satu files setup..



  7. Nah jika sudah selesai maka kamu bisa melihat warna yang telah kamu pilih dengan menjalankan installer pada folder "Output", jika sesuai dengan warna yang kamu harapkan maka selamat, jika tidak maka kamu bisa menggantinya kembali.

E. Mengubah Icon Setup Installer


  1. Pada langkah pertama bukalah folder "Graphic"
  2. Nah didalam folder graphic ini, pastekan icon yang sudah kamu miliki, pastikan juga formatnya adalah *.ico dengan resolusi 50x50 dan nama iconnya haruslah "icon".
  3. Jika tiba-tiba berbenturan dengan file icon yang sudah ada di tempat tersebut, maka hapus saja file Icon yang lama pada folder "Graphic" lalu pastekan Icon yang kamu miliki disana.
  4. Nah jika sudah kamu pastekan, sekarang bukalah files "Windowsphone.iss".


  5. Di sini jika kamu telah membuka halaman WindowsPhonenya seperti pada gambar dibawah ini, click tombol disket yang aku tandai tersebut untuk menyimpan projectnya.



  6. Jika tombol disket tersebut tidak bisa diclick alias berwarna abu-abu, maka tambahkan saja 1 huruf acak pada tulisan hijau yang aku tandai, maka tombol disket tersebut bisa diclick.




  7. Setelah itu, click menu "Build" lalu pilih "Compile".




  8. Maka disini tunggu hingga proses kompilasi seluruh files yang telah di edit tadi tergabung menjadi satu files setup.


  9. Jika sudah selesai maka sekarang kamu bisa mengetes langsung dengan menjalankan program "setup" pada folder "Output", semua data informasi yang sudah kamu masukkan seharusnya sudah terlihat efeknya sekarang.

F. Mengubah Backsound Music Setup Installer


  1. Pertama-tama, siapkan file musik kamu (format musik harus MP3, bukan wav atau yang lainnya) kemudian ubah nama file musik menjadi "music".
  2. Di sini buka folder "Resources".



  3. Sekarang di sini tempelkan file "music" yang ingin kamu masukkan untuk menjadi suara latar belakang ketika setupnya dijalankan.



  4. Misal muncul notifikasi yang menginformasikan bahwa sudah ada file musik di folder tersebut ketika kamu paste di folder resource, maka akan muncul kotak tabel seperti di bawah ini, pilih "Replace the file in the destination" atau kalau di Windows 7 biasanya tinggal klik tombol "Yes to all".


  5. Sekarang, buka file "Windowsphone".
  6. Sekarang klik tombol disket yang sudah aku tandai.



  7. Jika tombol disket tidak bisa di klik alias berwarna abu-abu, maka tambahkan saja 1 huruf acak pada tulisan yang aku tandai, maka tombol save bisa di klik.





  8. Setelah itu, klik menu "Build" lalu pilih "Compile".




  9. Nah disini tunggu sampai prosesnya selesai.



  10. Jika sudah selesai maka kamu bisa langsung mengetesnya dengan menjalankan program "setup" yang ada di folder "Output" tadi, seharusnya lagu yang diputar adalah firewatch dan sekarang lagu yang diputar sudah sesuai dengan lagu yang kamu inginkan, kamu bisa melihat efeknya sekarang.

G. Cara Mengatur Fitur Insert To Disk


Nah disini perhatikan, karena jika kamu ingin program installer game ini bisa stop ketika files yang bersangkutan tidak ada didekat setup pada saat proses instalasi seperti fitur insert to disk 1/2/3/ dan lain sebagainya, maka kamu harus memperhatikan dengan seksama yang satu ini.

Nah jika kamu sudah mendapatkan beberapa jumlah file data bin yang kamu dapatkan, maka sekarang kamu tinggal membuka file "Archives.ini" tersebut. nah tepat di dalam text table box "Archives.ini" akan ada 6 baris, 6 baris tersebut adalah baris yang bisa memanggil dan memberitahu bahwa file bin yang dimaksud tidak ada di dekatnya, misalnya.




tepat di kotak teks tersebut akan ada 6 baris, baris pertama adalah untuk memanggil atau mencari Setup-1.bin, misalkan file tersebut tidak ada di tempat program setup berada, nah baris kedua akan melakukan proses pembukaan Setup-1.bin jika file tersebut ditemukan alias file tersebut ada di tempatnya. 

Nah baris ketiga memiliki fungsi yang sama dengan baris pertama, dan baris keempat memiliki fungsi yang sama dengan baris kedua, jika baris pertama kamu hapus maka ketika setup-1.bin tidak berada di dekat file "Setup" maka file tersebut tidak akan terinstal, sehingga file setup-1.bin tidak akan meminta "Insert to Disk" lagi, dan jika sudah demikian maka file setup-1.bin tidak akan terinstal alias kena SKIP jika misalkan setup-1.bin berada di luar file "Setup" milik installer..

Sebenarnya, Anda bisa menambahkan 2 baris lagi untuk membuat setup-4.bin dan dua baris berikutnya untuk setup-5.bin, jika Anda memiliki banyak file data pada akhirnya.

  1. Sekarang di sini klik tulisan "File" di sudut kiri atas tepat di sebelah menu "Edit".
  2. Kemudian klik menu "Save".
  3. Sekarang keluar dari file archives.ini.
  4. Sekarang, buka file "Windowsphone".
  5. Di sini jika kamu telah membuka halaman WindowsPhonenya seperti pada gambar dibawah ini, click tombol disket yang aku tandai tersebut untuk menyimpan projectnya terlebih dahulu.


  6. Jika tombol disket tersebut tidak bisa diclick alias berwarna abu-abu, maka tambahkan saja 1 huruf acak pada tulisan hijau yang aku tandai, maka tombol disket tersebut bisa diclick..





  7. Setelah itu, click menu "Build" lalu pilih "Compile".




  8. Maka disini tunggu hingga proses kompilasi seluruh files yang telah di edit tadi tergabung menjadi satu files setup.
  9. Sekarang jika kamu dapat melihat hasilnya di folder output, file tersebut bernama "setup", jadi kamu dapat mencobanya dengan data milikmu sekarang.

Sebenarnya tutorial ini sedikit rumit karena aku menyadari bahwa jika aku meringkas semua isinya, kamu tidak akan mengerti sama sekali, jadi aku membuat tutorial ini sedetail mungkin dan aku berharap kamu semua (pembaca) memahami tutorial ini.

Nah yang harus kamu ingat ialah, ketika kamu sudah merubah sesuatu, kamu harus menyimpannya dengan cara klik disket yang sudah aku katakan berkali-kali seperti tutorial di atas plus compile, ketika sudah ter-save maka file-file tersebut sudah tersimpan, ketika sudah di compile maka artinya file-file yang sudah kamu rubah baik itu di luar windowsphone seperti file gambar, musik, atau icon atau di dalam windowsphone itu sendiri seperti merubah beberapa informasi yang ada di dalam windowsphone, itu semua akan di compile alias digabung jadi satu dan hasilnya bisa kamu coba di folder output.

Posting Komentar