Tutorial Cara Membuat Files Batch Anime Lewat Hape

Anime batch file adalah kumpulan dari beberapa movie anime dan kemudian beberapa movie tersebut dikompres atau digabungkan menggunakan software pihak ketiga seperti winRAR atau 7zip, maka hasilnya adalah movie anime tersebut akan terkompres dan menjadi batch file alias file RAR/ZIP.

Sebuah file dapat dikatakan sebagai batch file itu minimal harus diisi lebih dari 2 sampai 100 (tergantung berapa banyak file yang ada) film di dalamnya, contohnya saya memiliki sebuah film, ada 1 season dan berisi kurang lebih 23 episode, nah saya akan mengkompres ke 23 (semua) episode tersebut menjadi 1 file dengan software winrar, nah jika sudah maka hasil file RAR yang sudah saya dapatkan bisa dikatakan sebagai batch file karena di dalam file RAR yang sudah saya buat tersebut berisi kumpulan dari ke 23 episode yang sudah saya kompres tadi.


Nah mungkin kamu akan bertanya "bagaimana cara membuat file batch anime?" nah ternyata caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memiliki film atau serial anime yang ingin kamu jadikan file batch dengan aplikasi yang telah aku sediakan di bawah ini, nah bagaimana tutorialnya? yuk langsung saja kita mulai:

Tutorial :

  1. Pada langkah pertama ini, pastikan kamu sudah memiliki video anime yang ingin kamu jadikan batch file nantinya (pastikan lebih dari 5 episode, karena setidaknya pembuatan batch file anime membutuhkan lebih dari 5 episode).
  2. Kemudian install aplikasi zarchiver di smartphone/ponsel kamu, atau kamu bisa klik/tap disini untuk mendownload dan menginstall aplikasi zarchiver di smartphone/ponsel kamu terlebih dahulu.
  3. Nah jika sudah terinstal zarchiver, berikut buka program zarchiver.
  4. Pada beranda zarchiver, tap tombol close jika muncul peringatan.
  5. Sekarang cari film anime yang ingin kamu jadikan file batch terlebih dahulu, namun sebelumnya buatlah folder yang menyimpan semua file anime tersebut dengan cara tap simbol plus (+) yang sudah aku tandai.



  6. Setelah itu tap simbol "Folder" yang sudah aku tandai.



  7. Disini akan muncul kotak tabel, disini rename atau beri nama pada folder tersebut sesuai dengan nama anime, misal One Piece kemudian beri episode sampai episode berapa, contoh formatnya seperti ini: One Piece Episode 350 - 450, nah jika sudah selesai tap "OK"



  8. Disini seharusnya kamu sudah selesai membuat folder, disini cari file film anime dari episode yang sesuai dengan nama folder tersebut, misal kamu sudah membuat dari episode 350 sampai episode 450, maka masukkan episode dari 350 sampai episode 450 ke dalam folder yang sudah kamu buat.
  9. Jika sudah masuk, tap tap folder yang sudah kamu buat dari luar (bukan tap di dalam folder, tapi tap di luar folder hingga keluar menu seperti di bawah ini). 


  10. Jika sudah keluar menu seperti pada gambar di bawah ini, maka tap "Kompres ke *.zip"



  11. Nah disini tunggu beberapa menit selama proses penggabungan, disini tergantung dari file yang dikompres, jika file grafiknya bagus dan memiliki durasi waktu yang lama, tentu proses wrapping ke dalam WinRAR sedikit lama.
  12. Kemudian selamat menikmati, kamu akan melihat sebuah file zip secara otomatis tercipta, nah file zip tersebut adalah file batch. 

Sekarang kamu dapat membagikan file video anime yang telah kamu buat menjadi file batch, kamu juga dapat menyimpannya untuk digunakan sendiri, karena file batch ini dikompresi, biasanya ukuran file menjadi agak lebih kecil dari yang seharusnya, jadi ketika kamu mengekstraknya, file batch akan secara otomatis mengeluarkan seluruh episode dengan ukuran yang sebenarnya.

Posting Komentar