Tutorial Cara Memberikan Watermark Pada Ratusan Atau Ribuan File Gambar Secara Instan Tanpa Software

Watermark adalah sebuah simbol pengenal yang biasanya digunakan untuk mengidentifikasi sebuah karya milik seseorang, contohnya adalah gambar, ketika sebuah gambar dalam hal ini adalah gambar desain sebuah karakter yang dibuat oleh seseorang maka tentu saja pasti akan ada watermark pada gambar tersebut, hal ini menandakan bahwa gambar tersebut bersifat ekslusif alias tidak boleh diperjual belikan, kalaupun digunakan tentu saja sudah ada watermark yang bisa melindungi karya tersebut apabila sewaktu-waktu karya tersebut dicuri dan digunakan orang lain.



Tentunya kegunaan dari watermark itu sendiri adalah untuk melindungi sebuah karya agar tidak dicuri dan digunakan sembarangan oleh orang, nah pada kesempatan kali ini aku akan memberikan sebuah tutorial bagaimana cara menambahkan gambar watermark pada gambar yang kamu miliki dan kamu gunakan, tentunya dengan menggunakan watermark kamu tidak perlu takut lagi jika gambar yang sudah kamu buat aslinya diambil atau digunakan sebagai contoh, orang yang mengambil gambar kamu di internet tidak akan pernah bisa menghapus watermark tersebut.

Nah bagi Anda yang memiliki gambar yang begitu bagus dan kamu ingin memberikan gambar tersebut sebagai contoh kepada orang lain namun kamu tidak ingin gambar yang sudah kamu buat dengan susah payah tersebut tidak diambil dan digunakan oleh orang lain, kamu bisa mencoba tutorial yang satu ini.

Tutorial ini tidak hanya bisa memberikan watermark atau simbol per-gambar saja, tetapi kamu bisa menambahkan simbol watermark ke beberapa gambar yang kamu miliki, entah itu puluhan bahkan ratusan file gambar. Jadi langsung saja ikuti tutorial di bawah ini.

Tutorial:

  1. Pada langkah pertama ini, pastikan kamu sudah membuat folder baru, nah pada folder baru tersebut kamu isi berbagai file gambar yang ingin kamu beri watermark.



  2. Kemudian siapkan juga gambar logo yang akan kamu jadikan watermark.



  3. Jadi disini buka halaman websitenya terlebih dahulu disini. (kita menggunakan website, bukan software atau aplikasi untuk menambahkan simbol watermark).
  4. Nah, sekarang di halaman website, di sini klik tombol "Choose Images".



  5. Setelah itu, cari folder yang sudah kamu buat tadi dan sudah kamu masukkan file gambar yang ingin kamu isi watermark.



  6. Disini klik salah satu gambar untuk memblok warna biru, kemudian tekan tombol CTRL lalu klik tombol A pada keyboard. maka seharusnya akan memblok semua file gambar tersebut.



  7. Kemudian klik tombol "Open".



  8. Nah disini kamu akan melihat ada 2 tombol yaitu tombol "image" dan tombol "text", disini pilih tombol "image" untuk menggunakan logo yang sudah kamu siapkan untuk dijadikan watermark.



  9. Disini klik tombol "Choose Image".



  10. Nah kali ini carilah file gambar logo yang sudah kamu siapkan untuk dijadikan watermark atau simbol anti hak cipta.
  11. Kemudian klik sekali pada file gambar logo yang akan dijadikan watermark hingga diblok dengan warna biru, jika sudah klik tombol "Open".



  12. Nah disini kamu akan melihat pengaturan atau beberapa pengaturan dasar dari watermark, pada dasarnya disini kamu  bisa mengatur watermark yang sudah kamu  masukkan.
  13. Untuk fitur yang pertama, kamu bisa klik pada setiap sisi yang telah diberikan di atas, sisi-sisi ini mewakili setiap sudut dimana watermark yang kamu buat akan diletakkan. kemudian ada "visibility" dimana dengan fitur ini, kamu bisa menyamarkan watermark milikmu atau menebalkannya hingga terlihat dengan jelas. selanjutnya ada fitur "Image Format", dengan fitur ini kamu bisa merubah format gambar baik menjadi "*.png" atau "*. jpeg", nah ada juga fitur "Rotation", nah dengan fitur tersebut kamu bisa memutar gambar watermark, apakah kamu membuat gambar watermark secara terbalik atau menyamping tentu saja bisa dengan fitur "Rotation" ini, kemudian ada fitur "Size", dimana dengan fitur yang satu ini kamu bisa memperbesar atau memperkecil gambar watermark yang sudah kamu buat, kemudian yang terakhir adalah fitur image quality, dimana dengan fitur ini kamu bisa dengan mudah membuat kualitas gambar yang sudah kamu edit memiliki resolusi yang tinggi dan bagus.




  14. Sekarang scroll ke bawah sedikit lalu klik tombol "Start".



  15. Sekarang tunggu beberapa menit hingga proses berjalan.




  16. Sekarang kamu tinggal membuka file arsip untuk melihat hasilnya.



Sekarang Anda seharusnya sudah bisa melakukan proses pengeditan sederhana untuk memberi tanda air pada puluhan, ratusan, bahkan ribuan file gambar Anda.

Jadi mungkin itu saja tutorial tentang cara memberi watermark pada lebih dari ratusan bahkan ribuan file gambar secara instan, sekarang Anda bisa menggunakan situs web untuk memberi watermark pada gambar Anda.

Posting Komentar