Tutorial Cara Mengecualikan File Agar Tidak Dipindai Dan Dihapus Oleh Windows Defender

Tutorial Cara Mengecualikan File Agar Tidak Dipindai Dan Dihapus Oleh Windows Defender


Windows Defender merupakan antivirus bawaan yang sudah tersedia di setiap Windows, mulai dari Windows 8 hingga versi Windows terbaru saat ini (Windows 11), nah dengan adanya fitur Windows Defender ini, nyatanya mampu menghalau setiap virus yang mencoba menyerang beberapa file penting yang ada di dalam komputer, melakukan pemindaian yang lebih baik dan dapat mencurigai dengan tepat file-file asing yang mencoba masuk ke dalam laptop atau komputer.



Namun beberapa orang juga merasa kesal karena efek dari tindakan Windows Defender ini, karena beberapa file penting yang bahkan tidak ada hubungannya bisa dicurigai oleh Windows Defender, tentu efek yang ditimbulkan sedikit mengecewakan dimana file-file yang dicurigai tersebut akan terbuang percuma atau terhapus secara otomatis oleh Windefender itu sendiri sehingga bisa merugikan si pemilik file tersebut. Nah pada kesempatan kali ini aku akan memberikan tutorial bagaimana cara agar file yang kamu download dan belum kamu hapus oleh windows defender akibat windows defender mencurigai file milikmu, nah bagaimana caranya ? langsung saja ikuti tutorial kali ini.

Tutorial:

  1. Pertama, pastikan kamu mengunduh file yang satu ini disini
  2. Jika sudah, sekarang ekstrak file tersebut.
  3. Sekarang jalankan program tersebut.
  4. Akan ada kotak tabel UAC yang muncul. sekarang click saja tombol "Yes".


  5. Sekarang jika kamu sudah berada di dalam program. Di sini buka menu "Options".
  6. Kemudian pilih "Add to the Context Menu" dan pilih "Add to File Context Menu".



  7. Jika sudah, maka ketika kamu click  kanan sebuah file. akan ada pilihan dari program ini. sehingga kamu tidak perlu repot-repot membuka program di mana program tersebut berada.
  8. Nah disini carilah software atau file yang ingin kamu kecualikan untuk tidak di scan dan dihapus oleh Windows Defender.
  9. Disini aku berikan contoh sederhana. Di sini aku  akan mengecualikan software shortcut.
  10. Click kanan software yang dipilih, akan ada pilihan "Manage Defender Exclusion".
  11. Jika sudah, pilih/click "Add An Exclusion".



  12. Kemudian setelah itu akan muncul kotak tabel UAC. disini click tombol "Yes".



  13. Jika sudah maka selamat menikmati.

Nah sangat mudah bukan ? tentu saja sangat mudah. btw jika tiba-tiba kamu ingin memindahkan file yang sudah kamu exclude ke folder atau drive lain milikmu . pastikan kamu menambahkannya lagi. karena file yang sudah di add sebelumnya ketika memindahkan file yang sudah di add. akan membuat "HAK UNTUK TIDAK MENGHAPUS" pada windows defender menjadi hilang. jadi windows defender berhak untuk menghapusnya.

lalu bagaimana jika sebelum di exclude file tersebut tiba-tiba langsung terhapus? atau error tidak bisa di ekstrak/dipindahkan misalnya karena file di dalam file kompres yang sudah dipindahkan hilang ? ya jawabannya adalah. matikan windows defender kamu terlebih dahulu. pindahkan file-file tersebut ketempat yang semestinya. lalu jika sudah selesai memindahkan file-file tersebut dan pas di sana secara permanen (tidak dipindahkan) kamu bisa langsung meng-exclude nya dengan cara di atas. jika sudah maka aktifkan kembali windows defender.