Tutorial Cara Membuat Flashdisk Menjadi Kunci untuk Login Windows 7/8/8.1/10/11 Semua Versi - Putuokane

Tutorial Cara Membuat Flashdisk Menjadi Kunci untuk Login Windows 7/8/8.1/10/11 Semua Versi

Jika kamu adalah orang yang lalai atau tidak ingin ribet namun ingin mengamankan laptop atau komputer kamu dari kerabat/keluarga maka tentu saja kamu bisa dengan mudah mengunci laptop atau komputer milikmu.

Nah cara mengunci yang satu ini terbilang cukup unik karena kamu membutuhkan flashdisk untuk menjadi kunci agar laptop atau komputer yang sudah kamu terapkan sistem ini bisa dibuka.

Dengan cara ini kamu juga tidak perlu mengingat-ingat password lagi, cukup masukkan (colokkan) flashdisk tersebut ke dalam laptop/komputer maka laptop atau komputer akan terbuka kuncinya secara otomatis. 


Nah bagaimana caranya ? langsung saja ikuti tutorial di bawah ini ya guys, nah bagaimana tutorialnya ? mari kita bahas bersama di bawah ini :

Tutorial :

  1. Pada langkah pertama ini, pastikan kamu telah mendownload softwarenya disini terlebih dahulu.
  2. Setelah itu ekstrak file yang telah kamu download tersebut. 
  3. Disini itu instal softwarenya seperti biasa. 
  4. Disini pastikan kamu telah menyiapkan flashdisk dan colokkan langsung flashdisk tersebut ke laptop/komputer.
  5. Jika sudah selesai di install maka buka software Rohos Logon Key pada desktop. 
  6. Nah jika sudah terbuka, maka disini klik tulisan "Setup Authentication Key".
     

  7. Disini pada kotak kolom pertama pastikan kamu mengaturnya menjadi "USB Flash Drive".
  8. Pada kotak kolom ke-2 ini biarkan saja kosong, jangan diisi. 
  9. Sekarang klik tombol "Setup the Key". 


  10. Setelah selesai, masuklah ke menu utama Rohos Logon Key.
  11. Disini klik menu "Opsi"



  12. Harusnya sebuah tabel akan terbuka, pada kotak kolom pertama pilih "Lock Computer". Kemudian pada kotak kolom kedua pilih "For an y user".
  13. Kemudian disini klik tombol "Ok". (Nah pengaturan ini akan membuat fitur flashdisk menjadi fungsi kunci, ketika flashdisk dipasangkan maka flashdisk akan membuka kunci laptop/komputer dan jika flashdisk dilepas maka laptop akan mengunci laptop/komputer). 


  14. Nah jika kamu telah mengikuti semua proses di atas, kamu sekarang dapat keluar dari software ini. 
  15. Sekarang kita akan menonaktifkan mode password windows, di sini klik tombol berlogo windows dan tombol R secara bersamaan pada keyboard.
  16. Sekarang akan muncul kotak tabel "run", disini ketik kata "gpedit.msc" tanpa tanda petik dua, nah setelah itu tekan tombol "enter" pada keyboard atau tombol "ok" pada kotak tabel run. 
  17. Akan muncul kotak tabel local group policy, nah disini kamu tinggal klik saja folder dengan nama di bawah ini, pastikan untuk mengikutinya. 

    Computer Configuration -> Windows Settings -> Security Settings -> Local Policies -> Security Options

  18. Jika sudah sampai pada folder "Security Options" disini cari file "Interactive logon: Do not show last username" atau "Interactive logon: Do not show last username when sign-in"
  19. Jika sudah ketemu, buka file tersebut dengan cara klik dua kali pada file tersebut. 
  20. Di sini pilih "Enable" Setelah itu klik tombol "Apply" dan terakhir klik tombol "Ok".
  21. Jika sudah maka enjoy.
Sekarang kamu dapat menguji fitur kunci yang telah kamu atur, kamu dapat me-restart laptop/komputer kamu terlebih dahulu untuk mencobanya.

Nah misalnya kamu tiba-tiba berubah pikiran dan ingin menghapus kunci tersebut, maka kamu bisa mencari "Interactive logon: Do not display last user name" pada Local Group Policy jika kamu kesulitan menemukannya maka ikuti saja tutorial di atas, lalu setelah itu atur kembali software yang satu ini, kemudian disini masuk ke menu 'Setup authentication key' terlebih dahulu. 

Kemudian akan ada tombol "Disable", klik tombol disable tersebut maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:


jika sudah, klik tombol "Yes" pada notifikasi, nah mungkin itu saja tutorial kali ini, jika bermanfaat bagi kamu maka kamu bisa membagikan tutorial ini kepada teman/sahabat atau saudaramu.