Tutorial Cara Membuat Video Dari Gambar Atau SlideShow Dengan Mudah

Bagi kamu yang memang ingin membuat video slideshow ataupun gambar yang ingin menjadi sebuah video, kamu tentunya dapat mengikuti tutorial dibawah ini untuk membuatnya.

Nah sebelum kita melangkah ke tutorial selanjutnya, jadi aku akan menjelaskan sedikit apa itu slideshow, nah bagi kamu yang tidak tau slideshow, slideshow merupakan sebuah video yang dibuat dari gambar, bukan video, entah itu gambar berupa pemandangan, foto dan screenshot, dapat kamu jadikan files video dengan cara menggabungkannya pada suatu software slideshow.


Software ini akan menggabungkan setiap gambar yang dimiliki lalu dibuat efek slideshow (gambar video berjalan).

Nah jadi pada kesempatan kali ini aku akan memberikan sebuah tutorial bagaimana caranya untuk membuat video slideshow dengan mudah TANPA Adobe Premiere, tuneskit acmovi atau movavi video editor.

Nah bagaimanakah tutorianya ? langsung saja kita bahas kali ini dengan sekesama :

Tutorial:

  1. Pada langkah pertama ini pastikan kamu telah memiliki kumpulan gambar yang ingin kamu jadikan video slideshow, masukan terlebih dahulu seluruh files gambar tersebut kedalam 1 folder yang sama.



  2. Download softwarenya terlebih dahulu jika kamu belum memilikinya disini.
  3. Jika sudah kamu download maka extract filesnya terlebih dahulu.
  4. Nah disini bukalah folder hasil extract tersebut.



  5. Lalu Install seperti biasa program yang aku tandai kotak warna hijau pada gambar dibawah ini.



  6. Setelah selesai menginstall maka sekarang bukalah shortcut programnya pada desktop.
  7. Disini pada halaman pertama, click menu "Add Folder".



  8. Setelah itu akan muncul kotak tabel pencarian, disini carilah folder yang sudah kamu buat dan kamu simpan puluhan files gambar milikmu yang tadi.
  9. Jika sudah kamu temukan maka sekarang block sekali dengan cara click folder tersebut lalu tekan tombol "Select Folder".



  10. Nah sekarang harusnya seluruh files gambar akan masuk kedalam softwarenya.
  11. Disini kamu bisa memberikan Music yang kamu miliki terlebih dahulu dengan cara mengeclick tanda kotak warna kuning yang aku tandai tersebut, jika sudah carilah music yang ingin kamu masukan, jika sudah maka kamu akan melihat beberapa tanda kotak yang aku tandai, aku akan jelaskan satu persatu agar kamu bisa mengerti, tanda kotak berwarna merah merupakan durasi dari gambar tersebut ditampilkan, kamu bisa mengubahnya dengan mengeclick angka 3s tersebut pada gambar yang ingin kamu tinggikan durasi munculnya, nah untuk tanda kotak warna hijau tersebut, itu merupakan transisinya, bisa dibilang ketika gambar pertama ingin memunculkan gambar kedua, maka pada saat diperbatasan gambar pertama dan kedua ada transisi fade atau pudar, jadi pada saat pergantian gambar akan berisi efek pudar yang muncul, nah pada kotak warna biru disamping kotak warna hijau yang aku tandai tersebut, merupakan sebuah motion atau pergerakan gambarnya, kamu bisa memilih pergerakan mana yang lebih bagus.



  12. Nah jika sudah maka usahakan untuk menyesuaikan durasi video dan lagu-lagu yang kamu miliki.



  13. Jika sudah maka sekarang kamu bisa mengatur nama filesnya dan format filesnya, lalu click tombol "Create".



  14. Nah disini jika kamu masih ragu dan ingin melihat hasilnya sebelum di export menjadi video utuh, disini click tombol "Preview" untuk melihat sekali lagi apakah benar ataukah salah.



  15. Jika sudah maka click tombol "Create" berwarna kotak hijau tersebut, nah disini tunggu beberapa menit hingga prosesnya permbuatan videonya berjalan.



  16. Nah jika sudah maka harusnya akna muncul kotak tabel seperti ini, disini cick tombol "Open Folder" untuk membuka foldernya.



  17. Jika sudah maka enjoy.

Nah tutorial diatas ini memang masih mengguakan software untuk membuatnya, kan tetapi software yang digunakan memng tidak seberat software-software pada umumnya karena software ini memang dikhususkan untuk membuat video slideshow (video yang berasal dari gambar).

Oh iya, untuk membeli versi pro nya, kamu bisa mengunjungi website resminya, harganya memang sangat mahal akan tetapi jika kamu memang menggunakannya untuk jangka panjang, mungkin sangat amat woth it untuk kamu beli, mengingat jika kamu membeli versi pro nya, kamu akan mendapatkan fitur up to date ssecara penuh.

Posting Komentar