Tutorial Cara Menghapus File Sisa Atau File Residu Dari Software Yang Pernah Terinstall Pada Komputer

Uninstalling atau mencopot pemasangan adalah sebuah fitur yang bisa kamu gunakan pada sebuah teknologi seperti smartphone atau komputer, mencopot pemasangan aplikasi berarti mencopot atau menghapus aplikasi yang ada di smartphone kita, bedanya hal ini dilakukan di komputer dan tentu saja yang dicopot bukanlah aplikasi jika program yang terinstal di komputer, melainkan perangkat lunak.



Software sendiri bersifat abadi, kamu bisa dengan mudah mengunduh software-software tersebut di internet, kamu bisa mencobanya satu persatu sesuai dengan software yang sudah kamu unduh dan install, nah jika kamu tidak menginginkan software tersebut kamu bisa meng-uninstall atau menghapus software tersebut di komputer.

Tujuan dari menghapus software ini adalah agar ukuran atau kapasitas drive alias partisi kamu menjadi lebih ringan dari sebelumnya, namun beberapa file tidak bisa di uninstall, walaupun bisa di uninstall atau dihapus file sisa dari software yang sudah terinstal di komputer bisa meninggalkan bekas atau jejak, nah jejak-jejak ini perlahan akan menumpuk menjadi sampah seiring kita selalu melakukan trik uninstal atau menghapus software dari komputer.

Nah di bawah ini aku sudah memiliki cara yang cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan untuk menghapus file sisa atau file residu dari software yang sudah terinstal di komputer, nah bagaimana tutorialnya? langsung saja ikuti tutorial kali ini :

Tutorial:

  1. Pada langkah pertama ini, pastikan kamu telah download aplikasinya disini terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, ekstrak file yang telah kamu download.
  3. Nah disini selebihnya ikuti file "INSTRUKSI" yang sudah aku sisipkan pada program untuk melakukan proses instalasi selanjutnya (ikuti sampai prosesnya selesai ya guys).Jika sudah, sekarang buka program shortcut yang ada di desktop.
  4. Nah pada halaman pertama ini cari software yang ingin kamu uninstall. Jika sudah click kotak centang pada program yang ingin kamu uninstall.



  5. Nah disini click tombol sampah yang aku tandai, pastikan tepat pada software yang ingin kamu uninstall ya guys. Nah disini pastikan kamu centang kotak yang aku tandai kotak biru, kotak centang tersebut berfungsi untuk menghapus semua file residu (file sisa yang akan menjadi file sampah) dari software yang dihapus.



  6. Jika sudah, click tombol "Uninstall".Nah di sini tunggu sampai proses uninstall software selesai.


  7. Oh ya, saat proses uninstall, biasanya akan muncul default uninstaller dari program yang di uninstall, disini jalankan saja proses uninstall tersebut. Nah jika sudah maka tunggu beberapa menit maka kamu akan melihat proses file-file sisa yang ditemukan akan terhapus.



  8. Jika sudah, seharusnya kamu sudah bisa melihat berapa banyak file registry dan file sisa yang ditemukan dan terhapus.Jika sudah maka selamat menikmati.


Mungkin itu saja tutorial sederhana dari aku, mengingat tutorial ini dapat kamu terapkan jika kamu bosan dengan aplikasi atau software sebelumnya yang terinstal di laptop atau komputer milikmu, maka gunakanlah tutorial diatas ini.

Posting Komentar