Tips Mencegah Agar Files Tidak Corrupt 100% BERHASIL

Tips Mencegah Agar Files Tidak Corrupt 100% BERHASIL



Pernahkah kamu ingin membagikan sebuah files-files yang kamu miliki ataupun kamu mendownload sebuah files dengan ukuran yang besar akan tetapi entah mengapa files tersebut bisa menjadi corrupt ? nah apakah itu bisa terjadi ? tentu saja sangat bisa, biasanya itu didasari karena bandwidth yang tiba-tiba tidak stabil ketika ingin mendownload sebuah files dengan ukuran yang tidak biasa, katakanlah sekitar 30 GB, tentu ini bisa saja terjadi pada files yang kamu download tersebut.

Lalu ada juga karena pengaruh dari download manager yang digunakan, terkadang menggunakan download manager default bisa membuat files dengan size sangat besar yang sedang kita download akan menjadi lebih rentan terkena damage atau corrupt, itu kenapa menggunakan download manager tertentu yang lebih baik akan mampu sedikit mengurangi dampak files corrupt.

Nah sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum kamu mendownload files dengan ukuran yang lebih besar, nah dibawah ini aku akan menjelaskan beberapa tips pencegahan agar files yang kamu download tidaklah corrupt, nah apa saja kah itu ? langsung saja ikuti tips and tricknya dibawah ini :

1. Gunakan Internet Download Manager


Benar sekali, sebenarnya ada banyak download manager yang cukup baik dan bagus akan tetapi aku menyarankan untuk menggunakan IDM atau Internet Download Manager ini karena dengan IDM kamu dapat mendownload berbagai macam files dengan ukuran yang sangat amat besar, lalu kecepatan download yang begitu mumpuni dan mudah terlihat proses rata-rata transfer dan log files pecahan yang sudah didownload.

2. Selalu Check MD5 Files Yang Ingin Di Download


MD5 itu semacam kode yang biasanya ada pada files-files yang memang dibalut menjadi files kompresi entah apapun formatnya, kode MD5 biasanya digunakan untk mengukur sebuah files apakah files tersebut kurang atau tidak, biasanya penyedia files dengan size besar akan memberikan kode MD5 agar nantinya user yang ingin mendownload setidaknya mengetahui apakah files yang sudah mereka download itu corrupt atau tidak.

Ketika kamu mendownload files tersebut dan ketika mereka melakukan tahap checking MD5 lalu ditemukan kode MD5 yang berbeda dari kode MD5 yang dibagikan oleh si pengupload files, maka kemungkinan besar files yang telah kamu download akan mengalami corrupt atau kekurangan data didalamnya, jadi tentu MD5 awal haruslah sama ketika files yang sudah selesai didownload MD5 nya sama dengan MD5 awal yang sudah dibagi oleh si pengupload.

3. Jangan Menggunakan Fitur Resume Pada Download Manager Seharian Penuh


Meski disediakannya fitur resume pada download manager, nyatanya fitur resume hanya bisa dipakai pada files-files yang memang ukurannya terbilang kecil seperti 100 hingga 500 MB, dan itupun tidak boleh didiamkan selama berhari-hari penuh.

Karena IP Address server dari hosting biasanya akan berubah setiap waktu, jika itu terjadi maka 100% files tersebut akan corrupt karena IDM akan kembali bertanya dan memulai proses download dari awal ketika IP address server hosting tiba-tiba menjadi berbeda dari sebelumnya.

4. Jangan Mencoba Mendownload Files Jika Koneksi Tidak Stabil


Ketika sebuah files besar yang didownload melalui koneksi internet dengan bandwidth seadanya maka hal yang terjadi ialah files tersebut akan menjadi damage atau corrupt.

Ketika sebuah files yang harusnya membutuhkan konektivitas 10 untuk mendownloadnya, tiba-tiba koneksi yang kita miliki saat itu malah menurun menjadi 8, maka itu bisa menjadi penyebab kenapa files menjadi corrupt, jadi tentu saja jangan sekali-kali mendownload files jika koneksi tidak stabil.

5. Selalu Check Recovery Record


Recovery Record ini semacam files backup yang dibuat dengan sengaja oleh si pengupload, biasanya recovery record berisi rekaman dari beberapa files asli, dimana ketika files asli tersebut katakanlah rusak, maka kamu dapat memperbaiki files tersebut dengan menggunakan fitur recovery record yang telah disediakan.

Jadi memang fitur ini hanya ada pada files compress RAR/ZIP yang aku ketahui hingga saat ini dan memang penambahan recovery record itu manual dari si pengupload files tersebut.

Nah mungkin itu saja beberapa tips mencegah agar files tidak corrupt, terkadang files-files yang ingin kita download memang pasti ada saja masalahnya, nah dengan tips ini kamu setidaknya bisa lebih jeli sebelum melakukan proses download files-files yang ukurannya besar agar tidak terjadi corrupt dikemudian hari.