Tutorial Cara Membuat Kualitas Gambar Agar Tidak Pecah Ketika Di Share Pada Social Media


Gambar merupakan sebuah aspek yang sangat penting dimana dengan gambar kita dapat merasakan emosi, entah itu kebahagiaan maupun kesedihan, ada juga beberapa type gambar yang di share atau dibagikan tidak mendapatkan kedua rasa tersebut, melainkan gambar yang memang ditujukan untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan, yang bersifat informatif. 

Mungkin banyak sekali orang yang akhir-akhir ini tidak ingin ribet dimana mereka mengupload langsung ke social media agar lebih cepat, simpel dan mudah mengirimkan gambar tertentu, tahukah kamu? bahwa files gambar yang diupload ke social media akan diturunkan kualitasnya oleh aplikasi sosmed yang bersangkutan? dan tentunya gambar tersebut tidak akan se Orisinal yang kita duga, akan ada banyak pixelated pada gambar yang kita download melalui social media karena hasil penurunan kualitas tersebut.

Nah pada kesempatan kali ini aku akan memberikan sebuah tutorial simpel bagaimana caranya untuk membuat kualitas atau resolusi gambar yang sudah kamu dapatkan pada smartphone atau PC ketika kamu ingin mengirimkannya ke Social media, dan gambar tersebut tidak rusak. Nah bagaimanakah tutorialnya? Langsung saja ikuti tutorialnya kali ini.

Tutorial : 

  • Pada langkah pertama ini pastikan kamu sudah mendownload aplikasi zarchiver, jika belum maka install via google play disini (jadi aplikasi zarchiver ini merupakan file manager yang mendukung format files ZIP).
  • Setelah kamu selesai menginstalnya maka bukalah programnya terlebih dahulu.
  • Disini pada program zarchivernya, jika muncul pemberitahuan seperti ini maka tap tulisan "OK".


  • Nah maka kamu akan dibawa ke halaman perizinan zarchivernya, disini hidupkan switch perizinan zarchivernya dengan menekan tombol yang aku tandai tersebut.



  • Nah jika sudah maka close halaman perizinan tersebut.
  • Sekarang kembali ke zarchiver, pada halaman utama zarchiver ini,  tap tulisan "OK".


  • Nah disini pastikan kamu berada pada halaman utama ya guys, setelah itu tap symbol + yang aku tandai tersebut.


  • Lalu tap symbol folder yang aku tandai itu (symbol folder itu digunakan untuk membuat folder).


  • Setelah itu tuliskan nama folder sesuai dengan yang kamu inginkan asalkan kamu masih mengingat nama foldernya nanti.
  • Jika sudah maka click tulisan "OKE" tersebut.


  • Nah harusnya foldernya sudah selesai dibuat, jadi masukan seluruh gambar yang kamu miliki kedalam folder ini, oh iya folder yang telah kamu buat ini pada zarchiver akan terlihat pada file manager bawaan hapemu, jadi tentu saja jika kamu menghapus folder system di zarchiver, maka folder system di hapemu akan terhapus juga maka berhati - hatilah.


  • Jika kamu tidak tau cara memindahkan gambar yang akan kamu kirim ke sosmed tersebut masuk kedalam folder yang telah kamu buat di zarchiver maka carilah dimana gambar tersebut disimpan, (biasanya jika kamu mendownload gambarnya, itu ada di folder "Download", jika kamu memfotonya ada di folder "DCIM --> CAMERA") maka tap tekan gambar yang ingin kamu kirimkan tersebut, harusnya akan muncul kotak menu ini.


  • Disini pilih "Potong".


  • Setelah itu tap folder yang aku tandai ini untuk ke halaman utama, nah sekarang carilah folder yang sudah kamu buat diawal tadi dengan Zarchiver tersebut, jika sudah ketemu maka masuklah kedalam folder itu.



  • Lalu disini tap symbol clipboard yang aku tandai ini untuk mempastekannya, nah jika sudah maka harusnya files gambarnya sudah sukses terpaste pada folder yang telah kamu buat.


  • Disini kembali ke halaman utama (keluar dari dalam folder yang telah kamu buat tersebut), jika sudah maka tap tekan folder yang telah kamu buat itu dari luar, maka harusnya akan muncul sebuah menu.
  • Disini pilih "Kompress Ke *.zip" tersebut.




  • Setelah itu tunggu beberapa menit (Tergantung ada seberapa banyak files gambar yang telah kamu simpan disana.
  • Jika sudah maka enjoy, sekarang kamu bisa bagikan files RAR tersebut kesocial media manapun yang kamu mau, intinya files RAR itu mampu di extract, dan dialamnya berisi beberapa clue.


Nah jika kamu sudah membuat files zip tersebut, maka sekarang kamu siap untuk membagikan files zip yang berisi puluhan gambar dengan kualitas orisinal dan kamu tidak perlu takut lagi ketika files tersebut habis,  oh iya bagi kamu yang merasa "kenapa harus membuat folder?" sebenarnya tidak perlu, kamu bisa langsung membalutnya, hanya saja jika files gambarmu tersebar disetiap folder system apalagi files-files gamabr tersebut ada banyak, mungkin kamu tidak akan bisa langsung memblok seluruhnya dan langsung membuatnya menjadi files zip. 

Dan satu lagi, bagi kamu yang ingin membuatnya menjadi files zip ataupun rar (sama saja) pada komputer atau laptop, maka download terlebih dahulu software WinRAR nya terlebih dahulu pada komputer.

Posting Komentar